Daftar Isi

Selasa, 07 Agustus 2012

CTL NARASUMBER

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMP ”Diklat Kompetensi Guru”
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : Pamantapan (advance)
Semester : 1(satu)
Alokasi waktu : 2 x 60 menit (2 pertemuan)


A. Standar Kompetensi : 1. Memahami konsep CTL dan menerapkan dalam pembelajaran.

B. Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi dan merancang pembelajaran yang menggunakan Model Pendekatan CTL.




C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama ( 1x60 menit)
Setelah kegiatan pembelajaran, peserta diklat kompetensi guru dapat:
a. Menyebutkan tujuh komponen/pilar CTL
b. Jika ditampilkan beberapa rekaman “guru mengajar”, peserta dapat mengidentifikasi mana yang bernuansa CTL dan mana yang bukan.

Pertemuan kedua (1x60 menit)
Setelah kegiatan pembelajaran, peserta diklat kompetensi guru dapat:
a. Memberikan contoh langkah pembelajaran yang sesuai untuk setiap komponen/pilar.
b. Menyusun RPP yang menggunakan pendekatan CTL.

D. Materi Ajar:
Konsep CTL dan Merancang Pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL.

E. Metode Pembelajaran :
Diskusi, Tanya jawab.
Pendekatan : CTL

F. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama
Pendahuluan
Apersepsi :
Motivasi :
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Inti

Penutup

Pertemuan kedua
Pendahuluan (10 menit)
Apersepsi :
Mengingatkan tujuh pilar CTL:
• Dengan tanya jawab, peserta diminta untuk menyebutkan 7 komponen/pilar CTL, jika diperlukan ditayangkan kembali 7 komponen CTL (file hal:15).

Motivasi : Nara sumber memberikan gambaran pentingnya penguasaan tentang konsep CTL dan penerapannya di dalam kelas dengan mununjukkan Permen Diknas No. 41 Th 2007 tentang Standard proses (slide hal 6), trend pembelajaran dan evaluasi sekarang dan masa yang akan datang serta wacana penyempurnaan kurikulum masa depan (informasi dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan:P.Ery).

Inti (40 menit)
a. Peserta dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok 3-4 peserta.
b. Nara sumber membagikan LK.
c. Nara sumber memberikan sebuah contoh cara mengisi LK.
d. Peserta diminta untuk mengerjakan LK dengan cara berdiskusi di kelompok masing-masing. Nara sumber mneginformasikan waktu untuk mengerjakan LK adalah 10 menit.
e. Nara sumber mengamati kinerja kelompok, membimbing dan memberikan bantuan yang sesuai untuk masing-masing kelompok. Nara sumber mengobservasi: mencatat kejadian-kejadian menarik yang terjadi, mendata kelompok yang memunculkan komponen yang berbeda. Nara sumber juga melakukan penilaian afektif siswa.
f. Setelah diskusi selesai, beberapa kelompok disuruh mempresentasikan hasil kerjanya (Nara sumber menyuruh kelompok ”terpilih” sesuai hasil pengamatannya). Nara sumber memimpin jalannya diskusi, melatih peserta bagaimancara: mengemukakan pendapat, menyampaikan ketidaksetujuan dengan pendapat orang lain, menghargai pendapat orang lain, mengkritisi ide/argumentasi orang lain, memahami perbedaan pendapat, berempati.
g. Nara sumber memberikan penguatan, meluruskan (jika ada konsep yang salah).
h. Dengan diskusi kelas, peserta diminta untuk mengidentifikasi komponen CTL yang muncul pada pembelajaran yang telah dilakukan oleh nara sumber.
i. Sebagai evaluasi, peserta secara indifidu diminta untuk mengerjakan soal : ”tulislah empat contoh langkah kegiatan pembelajaran yang masing-masing mencerminkan komponen CTL yang berbeda!”

Penutup (10 menit)
a. Dengan dipandu nara sumber, peserta diminta membuat rangkuman
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi
c. Nara sumber memberikan tugas kepada peserta yaitu : Setiap peserta menyusun sebuah RPP yang menggunakan Model pendekatan CTL (dikumpulkan Senin 23 Juli 2011, berupa file attache ke alamat email erisatria13@yahoo.com).

G. Sumber Belajar
Buku Referensi yang terkait dengan CTL
Materi “Pembelajaran Aktif, file ppt”
Alat : LCD

H. Penilaian
Untuk menilai ketercapaian indikator a digunakan soal evaluasi yang dilakukan pada langkah i.
Untuk menilai ketercapaian indikator b digunakan hasil tugas yang diberikan pada peserta (langkah c pada penutup).

Pedoman penskoran untuk soal evaluasi:
Skoruntuk tiap contoh yang betul adalah 5.

Skor total (maksimal) adalah 20.

Pedoman penilaian:





Pedoman penskoran untuk tugas:
Menggunakan instrument penilaian pembelajaran CTL (Ins-CTL-01: terlampir).



Mengetahui Jambi, 20 Juli 2011
Konsultan. Bintek Nara Sumber



Drs.Sujarwadi.M.Si
NIP....................... NIP. ERI SATRIA.M.Pd









LEMBAR KERJA: Identifikasi Komponen CTL

Nama Kel.: .....................

Mapel : Matematika
SK: 1. Memahami konsep CTL dan menerapkan dalam pembelajaran.
KD: 1.1 Mengidentifikasi dan merancang pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL.
Tujuan : Peserta mampu memberikan contoh langkah pembelajaran yang sesuai untuk setiap komponen/pilar.

Petunjuk: a) Kerjakan secara berkelompok
b) Tulislah beberapa contoh langkah pembelajaran Matematika yang mencerminkan salah satu komponen CTLMatematika, kemudian berilah tanda (v) pada kolom yang bersesuaian.

No Langkah Pembelajaran Komponen CTL
Konstruktivis
Penemuan (Inkuiri) Bertanya Komunitas Belajar Pemodelan Penilaian autentik Refleksi Catatan
1
Diberikan beberapa model segitiga, peserta didik disuruh mengklasifikasikan berdasarkan kriteria tertentu
v v v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guru Profesional

Menghadapi berbagai tantangan dalam reformasi pendidikan nasional, diperlukan kualitas guru yang mampu mewujudkan kinerja profesional , modren, dalam nuansa pendidikan