Daftar Isi

Senin, 18 Oktober 2010

PENILAIAN KELAS

MODEL PENILAIAN KELAS



KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

SMP/MTs




PUSAT KURIKULUM
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMGAN
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL


2007
Daftar Isi


Halaman


Bab I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 2
B. Tujuan 2
C. Ruang Lingkup 3
D. Sasaran Pengguna Pedoman 3

Bab II KONSEP DASAR PENILAIAN
A. Pengertian Penilaian Kelas 4
B. Manfaat Penilaian Kelas 4
C. Fungsi Penilaian Kelas 5
D. Prinsip-prinsip Penilaian Kelas 5
E. Penilaian Hasil Belajar Masing-Masing Kelompok Mata Pelajaran 6
F. Rambu-Rambu 6
G. Ranah Penilaian 6

Bab III TEKNIK PENILAIAN
A. Penilaian Unjuk Kerja 8
B. Penilaian Sikap 13
C. Penilaian Tertulis 18
D. Penilaian Proyek 23
E. Penilaian Produk 24
F. Penilaian Portofolio 25
G. Penilaian Diri 27

Bab IV LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN PENILAIAN
A. Penetapan Indikator Pencapaian Hasil Belajar 30
B. Pemetaan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator dan Teknik Penilaian 31
C. Penetapan Teknik Penilaian 33

Bab V PENGOLAHAN HASIL PENILAIAN
A. Pengolahan Hasil Penilaian 34
B. Interpretasi Hasil Penilaian Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Belajar 39

Bab VI PEMANFAATAN DAN PELAPORAN HASIL PENILAIAN
A. Pemanfaatan Hasil Penilaian 38
B. Pelaporan Hasil Penilaian Kelas 43

Lampiran-Lampiran
Petunjuk Pengisian Rapor
A. Rasional 45
B. Penjelasan Umum 46
C. Penjelasan Pengisian Masing-Masing Mata Pelajaran 51
D. Mekanisme Penentuan Naik Kelas dan Tinggal Kelas 51
Contoh Model Rapor SD/MI 52


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Implementasi Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional membawa implikasi terhadap model dan teknik penilaian yang dilaksanakan di kelas.

Penilaian terdiri atas penilaian eksternal dan penilaian internal. Penilaian eksternal merupakan penilaian yang dilakukan oleh pihak lain yang tidak melaksanakan proses pembelajaran. Penilaian eksternal dilakukan oleh suatu lembaga, baik dalam maupun luar negeri dimaksudkan antara lain untuk pengendali mutu. Sedangkan penilaian internal adalah penilaian yang direncanakan dan dilakukan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung.


Guru Profesional

Menghadapi berbagai tantangan dalam reformasi pendidikan nasional, diperlukan kualitas guru yang mampu mewujudkan kinerja profesional , modren, dalam nuansa pendidikan