Daftar Isi

Rabu, 20 Juli 2011

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)

A. ILUSTRASI
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari tiga kata, yaitu (1) Penelitian, (2) Tindakan, dan (3) Kelas. Dari arti kata-kata yang terangkai dalam kalimat tersebut sudah dapat diketahui bahwa pengertian yang tercakup di dalamnya adalah sebuah kegiatan berupa suatu tindakan yang terjadi di kelas. Pengertian ‘kelas’ dalam PTK bukanlah pengertian lama yang membatasi pada sebuah ruangan tempat peserta didik sedang belajar. Kelas dalam PTK adalah sekelompok peserta didik yang sedang mengikuti pengarahan dari pendidik untuk melakukan sesuatu. Jadi tindakan dimaksud adalah ‘ujud pengarahan’ yang diberikan oleh pelaku tindakan.
Dari pengalaman menilai KTI yang dibuat oleh guru, banyak yang keliru menafsirkan PTK. Di sampul depan ditulis PTK, tetapi di bagian dalam ternyata hanya menggambarkan proses pembelajaran biasa. Dalam penjelasannya memang guru sudah melakukan sesuatu, tetapi kenyataan yang ada, guru hanya melakukan pembelajaran seperti biasa saja, misalya guru memberikan lembar kerja kepada siswa, guru memberikan tugas untuk dilakukan di luar kelas, atau guru menyuruh siswa menghafalkan rumus untuk digunakan di kelas. Tindakan-tindakan yang diberikan seperti dilakukan guru kepada siswa tersebut bukan merupakan tindakan yang dikehendaki dalam penelitian tindakan kelas. Yang benar, seperti sudah disinggung dalam pengantar, dalam PTK ada tindakan yang diberikan oleh guru kepada siswa dengan maksud meningkatkan prestasi belajar siswa melalui peningkatan kegiatan siswa.

Guru Profesional

Menghadapi berbagai tantangan dalam reformasi pendidikan nasional, diperlukan kualitas guru yang mampu mewujudkan kinerja profesional , modren, dalam nuansa pendidikan